Skip site news

Site news

Picture of Admin Utama Poltekkes Tanjungkarang
Desiminasi Metode Pembelajaran Virtual Learning
by Admin Utama Poltekkes Tanjungkarang - Tuesday, 10 July 2018, 5:30 PM
 

TIM ADVAN VILEP POLTEKKES TANJUNGKARANG

5 words
 

Skip available courses

Available courses

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar perencanaan, pembuatan dan penggunaan media dalam melakukan komunikasi keperawatan gigi, terutama pada waktu  pelaksanaan  pendidikan kesehatan gigi. Proses pembelajaran melalui kegiatan pembelajaran ceramah, diskusi dan praktikum.

Mata kuliah ini memberikan kemampuan pada mahasiswa tentang system tubuh manusia meliputi system musculoskeletal, kardiovaskulair, pernafasan, persarafan, pencernaan, perkemihan, endokrin, panca indra, integument, dan reproduksi.

Mata kuliah ini memberikan kemampuan untuk melaksanakan asuhan kebidanan pada masa nifas dan menyusui dengan pendekatan manajemen kebidanan yang didasari konsep-konsep, sikap dan keterampilan.

Mata kuliah Aplikasi Komputer Lanjut adalah matakuliah yang terdiri dari 2 SKS, 1 teori dan 1 praktek. Dalam matakuliah ini mahasiswa akan difahamkan bagaimana menggunakan aplikasi komputer lanjut yang meliputi aplikasi statistik dan aplikasi smart system untuk GIZI.

Mata kuliah ini membahas dasar ilmu gizi dan ilmu yang berkaitan dengan kesehatan tubuh yang meliputi: sejarah perkembangan ilmu gizi, pengertian, sifat-sifat, fungsi, proses pencernaan, penyerapan dan metabolisme zat gizi, sumber zat gizi dalam bahan makanan, akibat kekurangan/kelebihan konsumsi zat gizi serta menghitung mutu protein, menganalisa zat gizi dengan menggunakan DKBM serta menyusun menu seimbang untuk diri sendiri.

Mata kuliah ini membahas pengetahuan tentang berbagai bahan pangan yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia yang mencakup pengetahuan dasar pangan, penggolongan, komposisi, fungsi, manfaat, perubahan pasca panen.

Mata kuliah ini mempelajari penyerahan obat di sarana farmasi

Mata kuliah ini mempelajari aspek mekanisme kerja obat, farmakokinetika obat, farmakodinamika obat, indikasi obat, efek samping dan bahayanya

Mata kuliah ini membahas pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan konsep manajemen pemasaran dan pengaplikasiannya di bidang kefarmasian meliput; pengantar manajemen pemasaran, perencanaan strategis, memilih pasar sasaran, daur hidup produk, analisis pelaku pasar, strategi pemasaran dalam berbagi kondisi persaiangan dan situasi ekonomi, merek dan kemasan, komunikasi pemasaran, periklanan, personal selling, serta public relation.

Mata  kuliah  Sistem  Informasi  Keperawatan merupakan  mata  ajar  dengan  beban  studi  2  SKS, yang terdiri dari 1 SKS teori dan 1 SKS pratikum. Mata ajaran ini menjelaskan dan meningkatkan  kemampuan  dan  praktik  mahasiswa  Keperawatan  terhadap  konsep dan  ruang  lingkup  sistem  informasi  keperawatan.  Pada  mata  ajar  ini  mahasiswa akan  mendapat  pemahaman  dan  praktik  yang  lebih  mendalam  terkait  sistem  informasi dalam keperawatan.

Mata kuliah ini menggunakan aplikasi MS Word

Memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk melakukan asuhan kebidanan pada ibu dalam persalinan dan bayi baru lahir segera setelah lahir dengan pendekatan manajemen kebidanan yang didasari konsep-konsep, sikap dan ketrampilan serta hasil evidence based

Mata kuliah ini memberikan kesempatan mahasiswa untuk memahami konsep umum psikologi dalam perkembangan hidup manusia berdasarkan siklus reproduksi.

Mata kuliah ini memberikan kesempatan mahasiswa untuk memahami tentang teknologi kebidanan terkini untuk menunjang diagnostik dalam kasus-kasus patologi dalam kebidanan selama masa kehamilan, persalinan, nifas, gangguang reproduksi dengan penekanan deteksi dini yang diterapkan dalam praktik asuhan kebidanan

diskripsi matakuliah

Mahasiswa mampu menguraikan konsep manajemen dan organisasi bidan dan menguraikan konsep kewirausahaan dalam pelayanan kebidanan dan mengintegrasikan dalam berbagai situasi secara tepat (evidence based) dalam memberikan asuhan kebidanan pengelola (manajer), dimulai mengelola sampai memimpin usaha jasa pelayanan praktik kebidanan secara mandiri.

Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada peserta didik untuk memberikan pertolongan pertama pada kegawatdaruratan maternal neonatal.

Mata kuliah ini memberi kemampuan kepada mahasiswa untuk Melakukan promosi kesehatan dalam pelayanan kebidanan dengan pokok bahasan meliputi : konsep dan prinsip promosi kesehatan, lingkup promosi kesehatan, identifikasi perilaku dan kebutuhan masyarakat dalam promosi kesehatan, melakukan kemitraan serta pemberdayaan pada masyarakat dalam kontek kebidanan, menyusun SAP dan media promosi kesehatan, pelaksanakan pendidikan kesehatan, menerapkan teknik komunikasi serta mengevaluasi kegiatan promosi kesehatan. 

Mata kuliah ini akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memahami hubungan sistem tubuh manusia yang berkaitan dengan proses reproduksi wanita. Topik yang dibahas meliputi ilmu anatomi dasar, sistem muskulo-skletal, kardio-vasculer, pernafasan, persyarafan, pencernaan, perkemihan, reproduksi, panca indra dan sistem endokrine dan hubungan antar sistem dalam tubuh

Mata Kuliah ini dengan bobot 2 sks (T=1 sks dan P=1 sks), Penempatan pada Semester I Tingkat I dengan 14 kali Tatap Muka

Dosen Pengapu Mata Kuliah : 1. M. Ridwan (Koordinator MK), 2. Sumiyati (Tim Pengajar)

Mata kuliah ini memberi kemampuan kepada mahasiswa untuk menerapkan konsep pengorganisasian dan pengembangan masyarakat dengan pokok bahasan tentang konsep dasar pengorganisasian dan pengembangan masyarakat, konsep penyelenggaraan serta pengembangan poskesdes, partisipasi masyarakat/keluarga dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana (KB) dan kesehatan reproduksi serta strategi pemberdayaan kader dan dukun

Mata Kuliah ini bobot : 3 sks (T=1 sks, P=2 sks), Penempatan di Tingkat 3 Smt. 5

Pertemuan 14 Kali Tatap Muka ditambah 2 Ujian (UTS dan UAS)

Dosen Pengampu MK : 1. M.Ridwan (Koordinator MK), 2. Martini (Tim Pengajar)

Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada peserta didik untuk memberikan asuhan kebidanan pada ibu bersalin normal, dengan memperhatikan aspek budaya yang didasari konsep-konsep, sikap dan ketrampilan serta hasil evidence based dalam praktik intranatal yang menggunkaan pendekatan manajemen kebidanan yang berfokus pada upaya preventif dan promotif, deteksi dini komplikasi serta pendokumentasiannya. Mahasiswa juga memahami tentang teknologi kebidanan teerkini untuk menunjang diagnostik dalam kasus-kasus kebidanan selama persalinan dengan penekanan deteksi dini yang diterapkan dalam praktik asuhan kebidanan

Mata kuliah ini menguraikan tentang etika umum, prinsip, aturan dan sikap professional berdasarkan nilai-nilai moral dengan memandang hak dan martabat pasien sebagai manusia. Juga menguraikan tentang kode etik profesi, hubungan perawat-pasien, perawat-perawat dan perawat dengan profesi lain. Serta bagaimana menyelesaikan dilema etik bersama pasien dan profesi lain sesuai dengan kewenangan dan tangung jawabnya.

Proses belajar melalui kegiatan pembelajaran ceramah, diskusi dan praktika

Mata kuliah ini termasuk dalam rumpun keilmuan dan keterampilan membahas tentang anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang menguraikan struktur, komponen dalam tubuh manusia dan perkembangannya serta fungsi sistem tubuh manusia dan mekanisme fisiologinya.

Mata kuliah ini menguraikan tentang rinsip-prinsip dasar fisika berkaitan dengan sistem tubuh manusia meliputi biomekanika, fluida, termofisika, biooptika, bioakustika, biolistrik.

Mata kuliah ini juga membahas tentang enzim dan ko enzim, oksidasi biologi, nutrisi pada manusia (air, vitamin, karbohidrat, lipid, protein), karbohidrat, asam amino, purin pirimidin, lemak serta hormon dan perannya dalam metabolisme.

Proses pembelajaran melalui kegiatan belajar ceramah, diskusi, penugasan dan praktikum

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar keperawatan anak, masalah kesehatan yang lazim terjadi pada anak dalam hubungannya dengan keluarga dan pemecahannya dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Penekanan asuhan keperawatan ditujukan pada upaya peningkatan, pemeliharaan dan pemulihan kesehatan dalam konteks keluarga

Mata Kuliah ini mempelajari Analis Kesehatan

Mata kuliah ini membahas berbagai zat kimia yang terdapat dalam urine, feces,  cairan lambung, cairan otak, sperma, dan Transudat eksudat pada keadaan  normal maupun abnormal untuk menunjang diagnosa penyakit.

Mata Kuliah kendali Mutu Laboratorium Kesehatan membahas tentang konsep Mutu Laboratorium serta factor – factor kritis pada setiap tahapan proses untuk melakukan pengendalian mutu  secara  komprehensif.

 

Mata kuliah ini membahas tentang Karbohidrat, protein, lemak, enzim dan vitamin baik struktur, metabolisme dan fungsi di dalam mahluk hidup

Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa akan mampu .....

Mata kuliah Penggunaan dan Pemeliharaan Alat I (Teori dan Praktikum)

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa mengenal dan menggunakan alat-alat yang mencakup pengertian dan fungsi alat-alat elektrik dan non elektrik yang digunakan untuk pembuatan gigi tiruan sebagian lepasan (GTSL), alat ortodontik, dan gigi tiruan lengkap lepasan (GTLL) beserta kegunaannya.

Pencapapaian Pembelajaran

diharapkan mahasiswa dapat memahami tentang menggunakan dan memelihara alat-alat laboratorium Teknik Gigi secara baik dan benar sesuai dengan fungsi dari masing-masing alat.

Resiko kecelakaan kerja bisa terjadi kapan saja. Untuk itu, kesadaran mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja menjadi sangat diperlukan. Undang-Undang No. 1/1970 dan No. 23/1992 mengatur mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Siapa sih yang mau celaka? Tentunya tidak ada seorang pun yang mau celaka. Tetapi resiko kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja termasuk di linkungan tempat kerja. Nah, Keselamatan dan Kesehatan Kerja yg sering disingkat K3 adalah salah satu peraturan pemerintah yang menjamin keselamatan dan kesehatan kita dalam bekerja. Jadi, tidak ada salahnya kita mempelajari lebih jauh mengenai K3.

Mata kuliah ini dimaksudkan agar mahasiswa memahami tentang desain pembuatan GTSL dengan kasus kompleks, reparasi, dan reffiting pada GTSL serta Immediate Dentures. 

Diharapkan mahasiswa dapat memahami tentang pengetahuan dasar pem-buatan dan reparasi GTSL Kerangka Logam yang memenuhi syarat-syaratkesehatan. Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi : Pengertian GTSL KerangkaLogam, Klasifikasi GTSKL, Indikasi GTSKL, Keuntungan GTSKL, Kerugian GTSKL, Komponen GTSKL, Prinsip dasar desain kerangka logam, Prosedur Surveying, Tahap-tahap Laboratorium Pembuatan Kerangka Logam.

 

Mata kuliah membahas tentang dasar-dasar anatomi jaringan keras dan lunak pada kepala manusia, antara lain istilah-istilah yang berhubungan dengan anatomi fisiologi pada tubuh manusia, cranium, anatomi rongga mulut, maxilla, mandibula, palatum, lidah, system pensyarafan dan pembuluh darah sekitar mulut, otot-otot pada wajah, sendi temporo mandibular serta fungsinya.

Materi perkuliahan Perpetaan melakukan kajian tentang : pengertian dan tujuan pemetaan, peralatan pengukuran dan pemetaan, komponen dasar pemetaan, cara pengukuran profil, pengggambaran bentuk/topografi, sistem informasi geografis

Mata kuliah ini akan membahas pengertian, tujuan, dan ruang lingkup epidemiologi, konsep penyebab penyakit, ukuran-ukuran epidemiologi, standarisasi, definisi dan 4 simpul pengamatan epidemiologi lingkungan, studi/penyelidikan epidemiologi, studi epidemiologi deskriptif, studi epidemiologi analitik,  pencatatan dan pelaporan surveillans, survey, praktik entry data  dan telaahan data epidemiologi dengan epi info dan pemetaan penyakit, dan KLB/wabah.

Materi perkuliahan Penyehatan makanan miniman (A) melakukan kajian tentang : pengertian, tujuan, dan ruang lingkup penyehatan makanan, peranan makanan dalam penularan penyakit, pengaruh lingkungan terhadap keamanan makanan, mikrobiologi makanan, pencemaran oleh bakteri, potensi bahaya, dan pencegahan, infeksi mikroba melalui makanan, intoxikasi mikroba melalui makanan, pencemaran makanan oleh jamur, pencegahan kontaminasi logam berat pada makanan, bahan tambahan makanan, prinsip-prinsip hygiene sanitasi makanan, pengamanan terhadap makanan, pengamanan terhadap penjamah makanan, tindakan terhadap peralatan makanan, serta deteksi Salmonella, Coliform dan Staphylococcus, binatang pembawa penyakit, baik di pemukiman, TTU maupun Industri.