Abaikan site news

Site news

Gambar dari Yana Yojana
Belajar dengan E-Learning di Poltekes Kemenkes
by Yana Yojana - Senin, 5 Desember 2016, 21:56
 


E-learning adalah sebuah proses pembelajaran dimana penyampaian materi, diskusi, dan kegiatan perkuliahan dilakukan melalui media elektronik. Metode ini dapat memberi lebih banyak waktu dan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa mencari sumber materi serta berdiskusi yang tidak terbatas oleh ...

Read the rest of this topic
(78 kata)
Gambar dari Yana Yojana
Uji Coba Aplikasi E-Learning di Poltekkes Kemenkes
by Yana Yojana - Senin, 5 Desember 2016, 21:54
 


Pusat Pendidikan SDM Kesehatan pada Tahun 2016 telah menginisiasi pengembangan metode pembelajaran e-learning yang akan diterapkan di Poltekes Kemenkes. Pada tanggal 21-22 November 2016, aplikasi e-learning tersebut telah diuji coba di Prodi Keperawatan Poltekkes Kemenkes DI Yogyakarta. Uji coba ...

Read the rest of this topic
(83 kata)
 
Gambar dari Matrica Ikhsan
Pengembangan Model Pembelajaran E Learning
by Matrica Ikhsan - Selasa, 1 November 2016, 09:41
 

Selasa, 1 November 2016 menjadi hari pertama diskusi penyiapan pengembangan model pembelajaran E Learning Poltekes Kemenkes bertempat di Holten Sultan Jakarta. Diskusi yang diselenggarakan oleh BPPSDM ini di ikuti oleh perwakilan Poltekes Kemenkes Jakarta 1, 2 dan 3 hingga Poltekes Kemenkes Yogyakarta. Melalui diskusi ini diharapkan menghasilkan aplikasi E Learning yang sesuai dengan kebutuhan Poltekes Kemenkes seluruh Indonesia yang handal dan bermanfaat bagi civitas akademika tanpa batas ruang dan waktu.

70 kata

 


Abaikan kursus yang tersedia

Kursus yang tersedia

Mata kuliah ini menekankan pada kemampuan speaking (English)

mata kuliah kesehatan dan keselamatan kerja

Mata kuliah ini diberikan sebagai mata kuliah dasar keahlian guna menunjang mata kuliah keahlian terutama kimia klinik, mikrobiologi serta analisis makanan dan minuman. Substansi yang disampaikan meliputi kimia organik dasar, struktur dan fungsi karbohidrat, protein, lemak, serta peranan enzim, hormon dan vitamin dalam tubuh manusia dengan fokus pada metabolisme karbohidrat, protein dan lemak serta peranan enzim, hormon dan vitamin dalam metabolisme tubuh manusia

Pengecatan Bakteri

RPS, DISKRIPSI DARI MATA KULIAH

Pelajaran tentang Anatomi & Fungsi Organ

Pendidikan kewarganegaraan untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran berbangsa dan bernegara, bersikap serta prilaku yang cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa, wawasan nusantara, ketahanan nasional dalam diri mahasiswa dalam menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Materi meliputi : 1) Filsafat Pancasila : a. Pancasila sebagai sistem filsafat, b. Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara; 2) Identitas nasional : a. Karakteristik identitas nasional, b. Proses berbangsa dan bernegara; 3) Negara dan konstitusi : a. Sistem konstitusi, b. Sistem politik dan ketatanegaraan Indonesia; 4) Demokrasi Indonesia : a. Konsep dan prinsip demokrasi, b. Pendidikan demokrasi; 5) Hak asazi manusia & rule of law: a. Hak asazi manusia (HAM), b. Rule of law; 6) Hak dan kewajiban warga Negara : a. warga negara Indonesia, b. Hak dan kewajiban WNI; 7) Geopolitik Indonesia : a. wilayah sebagai ruang hidup, b. otonomi daerah; dan 8) Geostrategi Indonesia: a. konsep asta gatra, b. Indonesia dan perdamaian dunia.

Pada akhir pendidikan mata kuliah ini peserta pembelajaran mampu menjadi ilmuwan dan profesional yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air, demokratis yang berkeadaban, menjadi warga negara yang memiliki daya saing, berdisiplin dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila.

Mata Kuliah tentang pelajaran Penilaian Status Gizi

RENCANA PEMBELAJARAN

1. Pengantar Farmakologi (Sejarah Obat, Penggolongan Obat)

2. Penggolongan Obat, Farmakodinamik dan Farmakokinetik

3. Farmakodinami (Teori Reseptor, Kerja Obat tanpa reseptor, Konsentrasi , respon obat, indeks terapi dan Obat ideal)

4. Farmakokinetik / Kinetika Obat (Difinisi, Absorbsi, metode, kec absorbsi, Distribusi, Metabolisme dan Eliminasi/Ekskresi)

5. Obat Tradisonal (OT), Obat HErbal (OH) dan Tanaman Obat (TO) (Klasifikasi, Jenis, Prasyarat OT, OH dan TO)

6. Khemoterapeutika (Antibiotika, Fungistatika danSulfonamida)

7. Obat-obat Gangguan Lambung dan Usus (Gastrointestinal); (Obat-obat: Pencahar, Cacing, Amubiasis, Diare, Antasida, Anti Emetika, dll)

8. Obat-obat Susunan Syaraf Sentral, Analgetika / Obat-obat penghilang rasa sakit (Golongan Non Narkotika, Obat-obat tersendiri, Golongan Narkotika / Obat-obat bius)

9. Psikofarmaka (enggolongan, Mekanisme kerja, Efek Samping, Kombinasi/interaksi: Neurotetika, Tranguizer dan Anti Depresia)

10. Hematinika (obat-obat anti anemia dan obat-obat tersendiri)

11. Diuretika (Obat-obat Diuretika, Penggolongan, efek samping, penggolongan obat jantung)

12. Hypertensi (Obat-obat anti hipertensi, pencegahan, tindakan umum, pengobatan, penggunaan dan Obat tersendiri)

13. Obat-obat gangguan saluran pernafasan dan Obat Asma dan Bronchitis (Obat-obat Asma dan Bronkitis, Pengobatan dan penggolongan)

14. Obat-obat Batuk ( Fisiologi Batuk, Pengobatan, Penggolongan Obat-obat batuk), Zat-zat tersendiri)

MATAKULIAH KEWARGANEGARAAN

konsep kebidanan adalah matakuliah wajib bagi mahasiswa semester awal

Mata kuliah ini memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk dapat melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu hamil, bersalin dan nifas serta  bayi dan balita di komunitas dengan menggunakan pendekatan menejemen kebidanan komunitas

Tujuan Pembelajaran/TPK: 

  1. Menjelaskan konsep dasar kewirausahaan.
  2. Mengidentifikasi karakteristik wirausaha yang harus dimilikinya.
  3. Melakukan telaah tentang keterkaitan kewirausahaan dengan profesi keperawatan.
  4. Melakukan telaah tentang aspek legal penyelenggaraan usaha keperawatan.

1.    Menjelaskan konsep dasar kewirausahaan.

2.   Mengidentifikasi karakteristik wirausaha yang harus dimilikinya.

3.   Melakukan telaah tentang keterkaitan kewirausahaan dengan profesi keperawatan.

4.   Melakukan telaah tentang aspek legal penyelenggaraan usaha keperawatan.

Ilmu yang mempelajari tentang pencegahan penyakit gigi dan mulut pada semester III. Materi pada mata kuliah ini meliputi a. kebersihan Gigi dan mulut (OHI-S), b. CPITN/CPI dll.

Pelajaran Ilmu Sosio Budaya Dsar untu SMt I D IV Reguler

Mata kuliah ini menguraikan tentang teori dan konsep kesehatan masyarakat yang mendasari implementasi pelayanan kesehatan, memberikan pemahaman tentang factor factor resiko kesehatan baik dari aspek epidemiologi, perilaku manusia, interaksi dan dinamika masyarakat, lingkungan, pekerjaan serta gizi masyarakat dan dapat mengaplikasikan dalam praktek di lab. Perkuliahan dilaksanakan dengan pendekatan student center learning. Penilaian berbasis kompetensi mencakup: partisipasi aktif, portopolio tugas-tugas, ujian formatif dan sumatif

Mata kuliah ini mempelajari tentang  kelainan pada jaringan keras gigi, pulpa dan periapeks dengan perawatan secara preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif untuk mengembalikan fungsi gigi dalam sistem stomatognatik.

 

Ilmu konservasi bertujuan untuk mencegah, merawat danmerestorasi penyakit, kerusakan, dan kelainan yang mengenai jaringan keras dan lunak gigi untuk mengembalikan fungsi,bentuk, estetik dan perlindungan jaringan pendukung gigi serta mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rongga mulut
karies gigi

Mata kuliah ini mempelajari tentang pengelolaan alat dan bahan periodontologi ( ilmu yang mempelajari tentang jaringan pendukung gigi)jaringan periodontal

pelajaran aplikasi komputer untuk prodi DIV

fhgfhgfgng ghgfhgfhg hgfh

Hematologi

Ilmu Darah

tentang sanitasi tempat umum